Perubahan dimulai dari diri sendiri

  

“Banyak orang yang berfikiran ingin mengubah dunia , tetapi sangat jarang orang yang ingin mengubah dirinya sendiri”

(Habermass- Sosiolog jerman)

 

Beberapa bulan yang lalu situasi politik di negara kita ini sedang panas panasnya . Isu kenaikan harga BBM merupakan penyebab utamanya . Rencana pemerintah untuk menaikan harga BBM karena harga minyak mentah dunia yang terus melambung menuai aksi protes dimana-mana . Mulai dari Mahasiswa  sampai kaum buruh ikut berunjuk rasa memprotes rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM . Protes ini dilakukkan karena ditakutkan akan terjadi  inflasi yang sifatnya eksponensial(besar-besaran), yang bisa menyengsarakan rakyat  .

Padahal justru rencana kenaikan BBM ini ditujukkan guna menyelamatkan APBN  agar kondisi ekonomi kita tetap stabil . Kita tidak bisa selalu menyalahkan pemerintah atas rencananya ini . Bila kita menelaah Teori Ekonomi depedensia kita adalah salah satu korban yang terikat dalam sistem yang saling mempengaruhi ini  . Para Ekonom juga sudah melakukkan analisis yang komprehensif terhadap rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM . Mereka sudah melakukkan perhitungan Ekonometrika dan berbagai macam riset . Dan hasilnya adalah : Menaikan harga BBM dianggap jalan yang terbaik .

 

Banyak pro dan kontra dalam menyikapi masalah ini . Dan pada saat menjelang hari final keputusan kenaikkan harga BBM , telah tejadi demo besar-besar dari berbagai aliansi ── Mahasiswa── maupun yang mengatasnamakan rakyat . Tetapi entah , apakah itu murni atau ada aktor politik yang menunganginya .

 

Dari paparan diatas mungkin penulis berusaha memberikan refleksi tentang apa yang terjadi pada bangsa ini . Mungkin ini juga bisa djadikkan bahan renungan kita . Sampai kapankah bangsa kita seperti ini ?

Kita terkadang tidak sadar bahwasanya kita sudah larut dalam retorika yang sebenarnya justru menghilangkan peran kita sebagai individu .

Coba lihat saja !

Ada beberapa mahasiswa yang ikut berdemo menentang kenaikkan harga BBM , tetapi dia sendiri tidak bisa memahami permasalahan ini secara mendalam .

Bagaimana bisa paham , lha dia saja malas kuliah !

Bagaimana bisa paham , lha dia tugas saja copy-paste !

Bagaimana bisa paham , lha dia Ujian saja nyontek !

Nah dari sinilah penulis ingin memberikkan sedikit masukan bagi para Mahasiswa

Sebelum kita membuat perubahan pada bangsa kita ini , marilah kita rubah dulu masalah-masalah yang mengakar pada diri kita sendiri . Buktikkanlah pada pejabat-pejabat korup yang tidak becus mengurus negara ini bahwasanya kita bisa lebih baik daripada mereka nanti . Kita bisa merubah bangsa ini ke arah yang lebih baik dengan prestasi[1] .


[1] . Nach (need for Achievment )

2 thoughts on “Perubahan dimulai dari diri sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s