Indonesia Berubah : Macan Dunia Yang Mulai Bangun Dari Tidurnya

Indonesia….oh Indonesia…..

Negara kita ini memanglah negara yang hebat . Hanya saja mungkin saat ini sedang terlelap dalam tidur panjangnya. Lalu kapan bangunnya ?

Bangun dengan melahirkan perubahan itu bukan hal yang mustahil bagi Indonesia ini . Toh , kita ini negara kaya raya dan mulia bukan ? (kaya , raya dan mulia jadi satu . So, kita ini memang negara hebat ) .

Mungkin sudah banyak yang memaparkan kekayaan indonesia itu seperti apa dan disini hanya di ingatkan kembali . Coba lihat saja beberapa sumber daya alam kita ini :

  • Kita punya Freeport : sebuah tambang emas terbesar dengan mutu emas terbaik di dunia . Hanya saja mungkin saat ini kita belum mau mengelolanya sendiri . Sebenarnya kita ini bisa mengelola tambang emas itu sendiri (Tenaga ahli kita g kalah kok sebenernya ) , tetapi kita belum ada kemauan keras . Dan lagi kemarin Amerika sempat terseok-seok karena kegiatan Freeport macet gara-gara konflik di papua beberapa waktu yang lalu . (Amerika yang adidaya aja bergantung banget sama Freeport ckckckck )
  • Ni besar banget kan freeport

  • Hutan tropis terbesar didunia itu adanya di indonesia kawan . Dan ini sangat menopang keseimbangan lapisan ozon di atas sana . Konon , kalau pengen dunia ini cepet kiamat , bakar saja semua hutan tropis di indonesia ini . Jadi istilahnya kita ini jantungnya dunia . Kalau jantungnya berhenti berdetak , tentu dunia tinggal lah nama saja .
  • Kalau mau cepet kiamat , bakar aja ni

  • Minyak mentah kita ini adalah minyak mentah dengan kualitas terbaik di dunia loh , Terbaik tanpa ampas . Bahkan negara timur tengah yang biasa menghasilkan minyak aja kalah sama kita . Hanya saja kita ini banyak di tipunya sama negara asing . Kalau di teori Ekonomi depedensia : kita ini negara pinggiran yang cuma dijadiin konsumen . Bahkan BBM yang kita nikmati itu bukan dari kekayaan minyak mentah kita loh . Coba kalau mau lebih lanjut googling aja hehehehe
  • Indonesia ini juga kya akan gas alam . Tepatnya gas alam yang terdapat di blok natuna . Dan sekali lagi ini adalah yang terbesar di dunia . Sungguh anugrah yang luar biasa .

    Lumayanlah cadangan ini cukup buat energi indonesia

Nah , dengan kekayaan alam yang berlimpah seperti itu , kita harusnya bisa lebih optimis melihat kedepan . Dan bukannya pesimis bahkan apatis dengan negara kita ini . Kalau ada yang bertanya itu kan cuma kekayaan alam kita doang , terus mana kekayaan sumber daya manusia kita ?

Kalau pertanyaan seperti ini sih , sebaiknya kita kembalikan pada diri kita masing-masing . Kita ini semua kan generasi masa depan yang sekaligus mempunyai kesempatan menjadi agent of change . melakukkan perubahan besar pada negara tercinta ini . Jadi kita sendiri harus berbubah dan memberdayakan diri masing-masing dulu . Karena perubahan individu adalah batu-batu fondasi perubahan .

Sedangkan kalau kita menghubungkan kebangkitan indonesia ini dengan teori perubahan . Ada teori penyebab perubahan : pertama , ada yang namanya teori siklus , katanya perubahan itu udah ada siklusnya jadi kayak siklus air hujan gitu . Nah , dulu kalau kita di zaman kerajaan majapahit dan kerajaan sriwijaya pernah menjadi bangsa yang adidaya , so pastilah nanti kita akan menjadi bangsa adidaya lagi .

Kedua , ada lagi teori kesakitan (nama jelasnya apa saya lupa hehehe . tapi ini pernah dijelasin ama dosen saya ) . Katanya kalau kita mau maju kita harus kesakitan dulu biar mau bergerak . Harus ada epidemi apa gitu yang bikin kita bergerak dan berubah . Dan kita tahu sendiri kalau indonesia ini udah sering kesakitan . Mulai dari bencana alam sampai krisis moral . Itu semua udah cukup buat kita kesakitan . Tinggal berubah aja .

Bahkan udah banyak yang memprediksikan kalau indonesia kelak akan menjadi macan asia lagi . Tapi kalau menurut saya sendiri , kita ini bukan macan asia , tetapi kita ini adalah macan dunia . Macan yang siap berlari dan melakukkan perubahan .

Sekian ulasan dari saya  , semoga kita semakin optimis dalam melihat Indonesia ini kedepan .

Salam Indonesia berubah .

 

 

 

 

6 thoughts on “Indonesia Berubah : Macan Dunia Yang Mulai Bangun Dari Tidurnya

  1. Dahsyat,, ini semacam bara yang cesss,, kena di hati dan jiwa… Yuk ah,, mulai dari yang kecil, buang sampah di tempatnya, cinta produk lokal, mulai urban farming, melapangkan dada seluas-luasnya🙂 Bangkiiiiit😀🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s