Resolusi 2012 menunju 2013 | #EdisiTutupTahun

sajak desember

kutanggalkan mantel serta topiku yang tua
ketika daun penanggalan gugur
lewat tengah malam. kemudian kuhitung
hutang-hutangku pada-Mu

mendadak terasa: betapa miskinnya diriku;
di luar hujan pun masih kudengar
dari celah-celah jendela. ada yang terbaring
di kursi letih sekali

masih patutkah kuhitung segala milikku
selembar celana dan selembar baju
ketika kusebut berulang nama-Mu; taram
temaram bayang, bianglala itu

1961

Sapardi Djoko Damono

Sebelum-sebelumnya saya tidak pernah yang namanya menuliskan resolusi tiap tahun baru. Saya bahkan tidak punya target-target apa saja yang ingin di capai saat awal tahun baru. Saya mulai menuliskannya ketika memasuki tahun baru 2012. Dan itu karena memang saya baru sadar kalau itu memang penting. Iya, bisa dibilang semacam blueprint kehidupan di tahun itu. dari itu mulai sekarang saya menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan wajib-rutin tiap tahunnya.

Btw, bagi saya sendiri setiap tahun selalu mempunyai kesan tersendiri. Contoh ditahun 2011 lalu. Tepatnya di bulan juni. Di bulan ini banyak sekali yang saya alami. Mulai dari peristiwa yang menggembirakan sampai peristiwa yang bikin saya kacau acak kadul g keruan. Tetapi dibalik itu semua, saya menemukan butiran-butiran hikmah yang sangat berharga. Yang bisa umur saya bukan hanya sekedar angka. So, di bulan terakhir di tahun 2012—desember. Yuk bareng memantapkan hati dalam menjalani tahun 2013 nanti. Dan semoga umur kita barokah di dunia ini. Amin

4 thoughts on “Resolusi 2012 menunju 2013 | #EdisiTutupTahun

  1. bikin resolusi emang penting lho, biar kita punya target.
    semoga tahun depan kita bisa jadi pribadi yg lebih baik lagi😀

Leave a Reply

