Cantik adalah……. ? | #MyOpinion

You’re beatiful, every little piece, love don’t you know, you’re really gonna be someone…

—Taylor Swift – Stay Beautiful

Cantik. Sebuah persepsi relatif….

Cantik. Sebuah kata sifat yang maknanya sulit saya definisikan belakangan ini. Dan akhirnya, saya menemukan definisi yang menurut saya tepat dan cukup memuaskan. Definisi cantik ini saya ambil dari saduran bebas pemikiran Fahd Djibran—penulis favorit saya :

“Pretty is something you’re born with. But beautiful, that’s an equal opportunity adjective.” – Ya, benar. Bahwa ada ‘kecantikan fisik’ (pretty) yang seringkali diukur berdasarkan ketebalan kosmetik. Tapi ‘kecantikan sesungguhnya’ ( Beauty) tak melulu di ukur dengan itu. Kecantikan sesungguhnya terselip pada sikap yang lembut dan santun.

:), beautiful, beauty, birds

Definisi seperti ini berbeda sekali dengan apa yang saya pahami ketika awal-awal menjadi mahasiswa. Jujur saja, dulu setiap melihat gadis berparas cantik saya mendadak grogi. Tentu itu adalah hal yang wajar bagi lelaki normal seperti saya😀. Hati saya sudah terlanjur meleleh bila berpapasan dengan wanita cantik. Sedangkan cantik menurut ukuran saya itu adalah ; gadis putih, berpipi chubby, bermata bening. Itulah definisi ‘cantik’ menurut saya waktu itu.

Seiring berjalannya waktu, makna cantik itu mulai mengalami pergeseran. Ini karena saya kebetulan seringkali melihat gadis-gadis cantik seperti kriteria tadi di angkot-angkot kota Bandung. Dimana-mana saya melihat gadis cantik dengan kriteria seperti itu. Mereka semua cantik. Bahkan saya pernah melihat seorang pengemis di sekitar area BEC Bandung yang cantiknya tidak kalah dengan mojang-mojang bandung lainnya. Saya tadinya juga heran dan tidak percaya dengan pengelihatan saya. Setelah saya kucek-kucek mata saya. Dan benar, pengemis itu memang berparas cantik.

Definisi cantik ini semakin bergeser ketika saya berkenalan dengan salah seorang gadis cantik yang cantiknya luar biasa, tetapi sayang, ada yang kurang pada sikapnya. Dia terkesan jutek dan kurang ramah. Mungkin ini hanya persepi saya saja. Atau  barangkali dia jutek karena muka saya agak menyebalkan hehe. Tapi bagi saya, dia tetap cantik.

Dan kini saya bisa menanamkan makna kecantikan yang sesungguhnya.

Pesan saya untuk kalian para gadis cantik :

“Cukupkan kecantikanmu dengan laku santunmu. Genapkan kecantikanmu dengan kebaikan hatimu. Lalu, sinarilah kecantikanmu dengan akhlak muliamu. Kalian tak perlu memakai kosmetik terlalu tebal. Kalian tak perlu melakukan pemutihan kulit dengan obat-obat pemutih. Kalian tak perlu melakukan diet yang menyakitkan. Kalian tak perlu memakai tas hermes, furla, gucci dll untuk terlihat elegan. Kalian tak perlu berjalan dengan sepatu hak tinggi agar terlihat tinggi. Semua itu bukanlah yang utama. Yang utama : ada pada hati kalian masing-masing.”

Salam hangat penuh cinta

@rahmad_mercy

16 thoughts on “Cantik adalah……. ? | #MyOpinion

Leave a Reply

