Mata kuliah MSDM : Berproseslah | #Jurusanku

5 keys of success  : training, training, training, training, training

—Peter F. Drucker

Bagaimana cara kita untuk mengembangkan diri kita ?

Pertanyaan dari dosen Manajemen SDM itu langsung saya jawab : pake baking powder aja biar mengembang ahihihi. Tapi enggak ding. Cara seperti ini cuma berlaku untuk proses pembuatan adonan kue. nggak berlaku buat manusia. Cara untuk mengembangkan diri tentunya ya dengan cara belajar, belajar, belajar, dan belajar. Kalau bahasanya si Peter F Drucker itu training, training, training, training dan training.

Sedangkan belajar butuh proses. Dan kita harus menghargai proses. Mungkin itulah salah satu alasan Tuhan menciptakan waktu : agar kita mau menghargai proses. Jika kita tidak mau berproses alias hanya ingin berorientasi pada hasil, bisa-bisa kita malah terjerumus kesuksesan semu. Kesuksesan instant. Kesusksesan yang seringkali diraih dengan jalan pintas yang terlarang. Waduh, kalau sudah begini ya bukan hal yang aneh kalau korupsi merajalela.

Di mata kuliah MSDM ini juga, dosen saya bilang : “di zaman sekarang ini. Zaman yang penuh turbulensi ( kekacau balaun ). Yang namanya moral itu sudah menjadi barang langka. Maka dari itu korupsi merajalela. knowledge juga harus dimbangi sama good moral. Banyak juga orang yang mendewakan knowledge daripada moral dan akibatnya KPK kebanjiran kasus. Djoko Susilo asetnya dimana-mana.”

                Lalu dari pernyataan itu saya lantas bertanya pada beliau. “Terus gimana dong pak, caranya kita melatih good moral ? kan kalau cara melatih knowledge dengan cara membaca banyak refrensi, kalau good moral gimana pak ?”

Caranya ya banyak-banyakin ibadah biar inget Tuhan, dan inget mati.”

                Sebuah jawaban singkat yang filosofis dan mendalam. Ini membuat saya merenunginya.  Dari mata kuliah ini saya belajar bahwasanya semua itu membutuhkan proses dan latihan. Karena disitulah kita bisa belajar. Karena dalam proses itulah kita menemukan kenikmatan.

Selamat berproses semuanya :3

 

 

2 thoughts on “Mata kuliah MSDM : Berproseslah | #Jurusanku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s