Menanti 9 Summers 10 Autumns | #25April

9 summers  10 autumns. Sebuah novel apik karya Iwan Setywan.

Novel ini termasuk novel favorit saya, dan bisa dibilang novel favorit saya yang nomor satu ( salah satu alasannya karena saya sudah berulang kali bertemu dengan penulisnya langsung :D). Saya menyukai novel ini bukan hanya karena kisah inspirasi yang disajikan, tetapi dari segi sastra—novel ini juga berbobot, ini bisa dilihat dari cara bercerita sang penulis yang melankolis. Kita seakan-akan diajak memasuki kedalaman jiwa sang tokoh dalam novel tersebut. Selain itu, didalam novel ini juga diselipkan beberapa kutipan dari Doestoevky—seorang sastrawan besar yang berasal dari Rusia. Sekelas dengan Leo Tolstoy.

Novel ini menceritakan tentang kisah sang Penulis. Tentang anak sopir angkot ( Iwan Setywan) yang berusaha menembus batas ketakutannya dan berusaha membebaskan hidup keluarghanya dari kungkungan kemiskinan. Dan akhirnya, berkat pendidikan yang layak Iwan akhirnya bisa keluar dari kungkungan itu. Ia bebas. Ia telah berhasil menempati jabatan sebagai Director, Internal Client Management di Nielsen Consumer Research, New York Amerika. Sebuah prestasi yang luar biasa membanggakan.

Dan rencananya film yang diadaptasi dari novel ini akan tayang pada tanggal 25 April nanti. Saya harap film ini bisa mengaduk-ngaduk emosi para penonton seperti novelnya, karena dari beberapa pengalaman saya, ada film yang diadaptasi dari novel tapi hasilnya mengecewakan. Tak ada emosi yang kuat seperti novel aslinya.

Tetapi setelah mengintip sedikit cuplikan film 9 summers 10 autumns dari trailernya, saya yakin, hasilnya pasti memuaskan. Cekidot…..

Leave a Reply

