Kecanduan Membaca

“Satu-satunya kecanduan yang tidak merugikan ialah kecanduan membaca, dan satu-satunya kutu yang tidak membahayakan ialah kutu buku.” —Fuad Hassan

 

Tadinya membaca bukanlah hobi saya. Saya tidak terlalu gemar membaca, paling bacanya juga yang ringan-ringan seperti komik, majalah gadis, dan novel. Tetapi setelah dipertemukan dengan Kak Nia dan @Klubbuku, minat baca saya meningkat drastis. Setelah bertemu dengan mereka  segmentasi bacaan saya juga semakin luas. Pokoknya jadi addict banget dengan hobi membaca. Rasanya kalau sehari tak membaca itu hati ini rasanya gelisah-gundah-gulana-gersang-halah.

Membaca sekarang seakan menjadi nafas dalam hidup saya, dan arena membaca pula, saya jadi semakin sadar bahwa saya ini masih terlalu bodoh. Saya sadar bahwa lautan ilmu itu luas, jadi jangan sampai ada kata final untuk terus belajar dan jangan pernah merasa bosan untuk membaca.

Karena membaca juga saya sekarang cenderung agak boros. Iya, kantong saya selalu tersiksa kalau sudah ada bazaar buku. Kalau dulu hobinya beli baju, sekarang hobinya beli buku. Tapi tenang, saya tetep suka pake baju kok😀 hehehe

Berangkat dari sini, akhirnya minat baca saya mendorong saya agar belajar menulis. Karena pada dasarnya menulis dan membaca itu seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Inilah salah satu alasan saya membuat blog—guna membiasakan saya untuk terus menulis.

Dan saya berharap minat baca ini juga bisa menular pada orang–orang disekililing saya, walaupun mungkin usahanya harus lebih keras. Pernah dulu saya berdebat dengan seorang teman yang mengeluh tidak bisa membeli buku, padahal sehari dia bisa menghabiskan dua bungkus rokok yang jika ditotal harganya sekitar 20rb. So, sehari bisa saving sampai 20rb misal tidak merokok untuk sehari saja. Dan misalkan untuk seminggu tidak merokok jadi total yang bisa dikumpulkan adalah 140rb. Wah!! Itu sudah bisa buat jajan buku dengan puas di Gramedia.

Sangat disayangkan sekali memang jika uang kita justru terbuang sia-sia dirokok dan untungnya saya bukan perokok😀. Mending uangnya buat beli buku. Agaknya memang benar kata Prof Fuad Hassan bahwa :

“Satu-satunya kecanduan yang tidak merugikan ialah kecanduan membaca, dan satu-satunya kutu yang tidak membahayakan ialah kutu buku.”

2 thoughts on “Kecanduan Membaca

Leave a Reply

