Nilai C bukan akhir dari dunia

Gambar

 

“I have not failed. I’ve just found 10,000 ways that won’t work.” 
— Thomas A. Edison

Minggu ini ada dua hal yang mengejutkan dan membuat saya sedih.

Yang pertama, adalah nilai tukar rupiah yang semakin terpuruk terhadap dollar.

Yang kedua, adalah nilai C yang bergelayut pada IP saya semester 4 lalu.

Mungkin yang pertama tak terlalu membuat saya risau dan galau, karena yang pertama itu bukan seutuhnya masalah saya, bukan masalah personal saya. Itu adalah masalah kolektif. Masalah kita bersama, masalah bangsa ini. Jadi beban pikirannya sudah terbagi-bagi kesemua orang yang merasa dirinya bagian dari bangsa indonesia

            Sedangkan yang kedua, itulah masalah saya. Nilai C itu adalah nilai saya sendiri. Hasil olah-pikir saya sendiri, dan tentunya itulah yang membuat saya risau dan galau. Ini pertama kalinya saya mendapatkan nilai C. Dan saya harap ini juga yang terakhir. Karena, nilai C bagi saya adalah tamparan yang menyakitkan. Ditambah lagi, mata kuliah yang mendapat nilai C itu adalah mata kuliah yang saya sukai—mata kuliah Keuangan Negara. Saya bahkan pernah menuliskan ketertarikan saya ini di blog ini. Tapi kok bisa mendapat nilai C ?

            Di mata kuliah ini saya banyak belajar tentang hal-hal baru. Setelah mempelajari mata kuliah ini saya jadi tahu bagaiamana sistem anggaran kita pada masa orde baru, dan pada masa reformasi. Setelah mempelajari mata kuliah ini juga, saya jadi tahu sekarang, betapa uniknya arus keuangan negara kita. Saya tahu, tetapi mungkin saya kurang beruntung atau mungkin saya tak tahu sama sekali apa kriteria penilaian sang dosen. Saya bukan seorang perfeksionis yang ingin melihat semuanya sempurna. Barangkali nilai C itu hanya ingin membuat saya berkaca lagi : sudah benarkah cara belajarmu ?

Dan, agaknya saya harus menata semangat ini lagi. C isn’t the end of the world mad ! semangat !

Doakan saya ya kawan :D       

Leave a Reply

