Tentang Makan

“Aku makan untuk tidak makan. Bagiku makan adalah tugas yang harus segera diselesaikan supaya lekas dilupakan.”
―Ahmad Wahib (1942-1973)

Makanan.
Semenjak kuliah, ada kebiasaan saya yang mulai saya rubah. Kebiasaan itu adalah kebiasaan memilih-milih makanan. Kebiasaan ini, menurut saya, tidak kondusif dengan kondisi saya yang berada jauh dari orang tua. Saya yang biasanya dimanjakan oleh rasa lezat masakan ibu, harus membiasakan lidah saya dengan masakan bibi yang khas sunda itu. Lalap dan sambal adalah menu rutin. Mau tak mau harus doyan. Kalau tidak begitu, saya bisa jadi makin kurus kering seperti cacing yang sedang menjalani diet.

Saya tinggal di Subang bersama bibi-mang dan aki saya (yang tadinya juga bersama nenek, tapi beliau telah wafat 2 bulan yang lalu) jadi setidaknya saya lebih beruntung ketimbang mereka yang kost. Anak kost sering diidentikkan dengan anak kurang gizi, karena setiap hari makannya hanya mie instans. Sampai-sampai ada lelucon seperti ini: “anak kost. Pagi sarapannya soto. Makan siangnya rendang. Makan malamnya iga penyet. Tapi semua itu dalam bentuk mie instant,”
Lelucon yang tepat sekali dan satir hehehe.

Namun, memang begitulah seharusnya laku seorang mahasiswa yang ingin menjadi orang sukses. Tak boleh pilih-pilih makanan. Toh, pada akhirnya apa yang dimasukan kedalam mulut, jika sudah masuk perut, isinya sama saja. Yang membedakan cuma rasa. Ini adalah nasehat aki yang sering diulang-ulang. Tapi tentu saja gizi juga harus di perhatikan hehe.

Jadi pesan moralnya ketika anda menjadi anak rantau, camkan baik-baik pesan dibawah ini:
Mulut tak boleh manja. Perut harus menerima. Apapun makanannya, mereka harus rela. Yang penting bergizi. Dan jangan lupa, otak juga harus diberi makanan yang bergizi: buku!

2 thoughts on “Tentang Makan

Leave a Reply

