Skripsi

Skripsi. Adalah semacam tanda bahwa seorang mahasiswa/mahasiswi telah memasuki masa uzurnya. Pernyataan ini telah diamini oleh sebagian orang, tak terkecuali saya. Saya pun telah memasuki masa ini. Atau barangkali anda juga?

Skripsi barangkali memang bisa kita samakan seperti sebuah proses masa uzur. Sebab, skripsi juga ternyata telah menimbulkan gejala yang agak mirip dengan proses masa uzur, sebagian korbannya seringkali menjadi lekas tua dan juga agak sakit-sakitan. Misalnya saja, sakit kepala karena terlampau bingung memikirkan judul atau tema yang bakal diangkat menjadi bahan skripsi. Atau terlihat lebih tua karena kerut-kerut pada wajah yang kian bertambah. Tapi semoga saja, gejala-gejala ini semua tak melanda kita para mahasiswa/mahasiswi yang akan segera mengakhiri masa uzurnya.

Pada akhir masa ini, saya pun seringkali diserang banyak pertanyaan oleh diri saya sendiri. Pertanyaan: apa yang kau dapatkan selama kuliah 4 tahun ini? Dan diri saya yang lainnya pun hanya bisa terpekur bingung sebab tak bisa menjawab. Ya, mungkin hal inilah yang seringkali membuat sebagian dari kita pusing bukan kepalang ketika memasuki masa proses pembuatan skripsi. Kita terlampau abai dengan berbagai ilmu yang kita didapatkan di bangku kuliah kemarin. Tidur di waktu kuliah, bolos, lupa mengerjakan tugas, atau bahkan menyontek pada saat ujian. Padahal, ada waktu yang cukup lengang untuk mengumpulkan ide bahan skripsi dan lain sebagainya pada masa itu. Akhirnya saya pun seolah mengingkari janji pada diri saya sendiri, yang dulu sempat berujar, “Saya akan kuliah dengan serius dan tekun. Saya tak mau seperti kebanyakan orang yang hanya menganggap kuliah sebagai formalitas untuk mendapatkan selembar kertas bernama ijazah.” Tetapi, nasi telah menjadi bubur ayam. Namun kerupuk yang melempem masih bisa dibuat seblak. Jadi, bagaimana pun juga proses kuliah yang saya jalani telah berlalu. Sekarang saya mesti fokus mengerjakan. Saya memang sering begitu. Sering ingkar pada janji diri sendiri. Namun saya berharap, hal ini hanya berlaku untuk pribadi saya saja, semoga anda tidak.

Oiya, sebenarnya saya menulis catatan singkat ini bukan cuma untuk menghidupkan blog saya saja—yang sudah mati suri selama berabad-abad lamanya, tapi saya juga ingin memberi tahu anda tentang artikel bagus yang ditulis oleh penulis favorit saya Puthut EA. Kenapa saya bilang bagus? Sebab, artikel ini membahas tentang kiat-kiat bagaimana agar skripsi lekas rampung. Silahkan kunjungi dan baca sendiri ya disini!😀

Leave a Reply

